Bahasa

November 17, 2009 at 4:32 pm | Posted in valupyne's blog | Leave a comment
Tags: , , ,

bahasa
Gw sekarang dah SMA, pelajaran juga numpuk..
Sumpah dah, gw abis dari SMP ke SMA kok kaget bgini ye.. gag ada yg namanya boleh malas-malasan lagi, tapi gw tetep malas seh.. tapi emang SMA lebih padet dari SMP. Ckck.


Yah, akhir-akhir ini gw tertarik ama bahasa.. ntah kenapa.. di sekolah gw diajarkan empat bahasa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa jepang, ama bahasa mandarin. Gw dari SMP emang pengen juga she belajar bahasa Jepang, yah, kerana hal sepele juga she gw pengenya.. karena gw penyuka anime jepang, jadi seenggak nya bisa dikit lah bahasa nya.. gw lumayan lah, di pelajaran ini.. (yah, emang materi nya masi gampang)..
Yang kedua, bahasa Mandarin. Gw gila, ama pelajaran ini.. bukan gila karena suka, tapi karena bingung.. susah! Gag paham! Kata-kata nya sama semua dah.. paling dari sheng diao nya aja yg bedain. Tapi, apa guna, toh juga hamper sama.. lagian hurup nya bejibun gitu.. satu kata itu, punya makna, trus punya hak kepemilikan huruf ndiri-ndiri, lah, mau ngapalin berapa juta huruf dulu coba biar jago?
Berita-berita nya dulu ni bahasa mau jadi bahasa Internasional, tapi gw gag tau.. kalo ini dijadiin bahasa internasional, bisa apa gw dengan kemamapuan gw yang cuman bisa salam mandarin doang? Ni hao? Ni hao ma? Xie xie. Zhong wu shang hao. Qing wen, ni jiao shenme mingzi? Yah, itu lah doang yg bakal gw pake kemana-mana kalo bahasa internasional bakal diganti.. seenggak nya ntar gw bisa bantuan manggut-manggutin pala ama geleng-geleng dengan muka memelas kalo pun ntar gag tau yang lainya..
Segala sesuatu emang sulit pada awalnya, seenggak nya bahasa menyapa dalam mandarin gw uda bisa dikit lah meski kalo gw omongin juga belom tentu bener ntar nya.
Satu hal yang penting, yang bisa tu bahasa harus maklumin orang kek gw yang ga ngerti bahasa dia.. gw jadi ngiri, orang china aja bisa pake bahasa jawa yang medok jawa nya banget, masa kita gag bisa pake bahasa mandarin yg ke-singkek banget, bener?..
Ketiga, bahasa inggris, mulai SMA ini, gw baru aja belajar toefl, gag tau, gw kadang nyahut kadang kaga, yah, moga aja ntar nya bisa lancar. Tapi emang susah buanget seh.. ckck
Keempat, bahasa indonesia, bahasa paling gw tau, tapi ga gw kuasai. Yah, gw jadi inget apa kata guru gw.. “apakah anda yakin sudah menggunakan bahasa Indonesia?” jangan biasakan menggunakan bahasa dengan prinsip ‘pokoknya ngerti’” Yah, kebukti seh, gw tugas bahasa Indonesia uda beberapa kali disuruh kerja ulang.. apa segitu parah nya gw ama bahasa Negara gw ndiri? Tapi emang, kalo uda kebiasaan, saking banyak nya perkembangan bahsa Indonesia yg entah itu menuju kebenaran atau kesalahan. Tapi, pokoknya ngerti itu, emang harus ditegakkan menurut gw.. kalo gag ngerti, ah~

Yang penting harus berhasil dalam bidang ini! Yeah! Meski gw ga tau gw milih jurusan apa ntar nya.. yuhu~

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

